KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. Sekolah Dasar (SD)
No. | Standar Kompetensi Lulusan | Kemampuan yang Diuji | Indikator | No Soal |
1 | Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq | Mengartikan QS Al-Hujurat ayat 13 | Disajikan surat Al Hujurat ayat 13 dan artinya, peserta didik dapat menunjukan perilaku terpuji dalam kehidupan bermasyarakat | 1 |
Mengartikan QS Al Maidah : 3 dengan Benar | Disajikan kutipan surat Al Maidah ayat 3 dan artinya, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungannya | 2 | ||
Mengartikan QS Al Kautsar dengan benar | Disajikan salah satu ayat surat al Kautsar dan artinya, peserta didik dapat mengartikan kata yang digaris bawahi | 3 | ||
Membaca Q.S.Al-Fatihah dengan lancar | Disajikan salah satu ayat surat Al Fatihah, peserta didik dapat menjelaskan artinya | 4 | ||
Mengartikan QS Al-Lahab dan Al Kafirun | Disajikan salah satu ayat surat Al Kafirun, peserta didik dapat menunjukan artinya | 5 | ||
Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun | Disajikan surat Al Lahab yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi dengan tepat | 6 | ||
Membaca QS Al Ikhlas dengan lancar | Disajikan salah satu ayat surat Al Ikhlas, peserta didik mampu menjelaskan hukum bacaan yang bergaris bawah. | 7 | ||
Membaca QS An Nashr dengan lancar | Disajikan beberapa ayat Alquran, peserta didik dapat memilih salah satu ayat surat An Nashr dengan tepat | 8 | ||
Membaca QS Al-Qadr dan QS Al ‘Alaq ayat 1 - 5 | Disajikan beberapa ayat Alquran, peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu ayat surat Al Qadar. | 9 | ||
Disajikan salah satu ayat surat Al-Alaq, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan yang digaris bawahi | 10 | |||
Mengartikan QS Al Maun dengan benar | Disajikan salah satu ayat surat Al Maun, peserta didik dapat menentukan arti ayat tersebut | 11 | ||
Membaca QS Al Fiil dengan lancar | Disajikan beberapa ayat al- Qur`an, peserta didik dapat menentukan salah satu ayat surat Al Fiil | 12 | ||
2 | Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar | Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar | Disajikan kisah tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap menerima Qadar | 13 |
Menyebutkan nama-nama Hari Akhir | Disajikan peristiwa tentang Hari Akhir, peserta didik dapat menyebutkan nama Hari Akhir yang sesuai dengan peristiwa tersebut | 14 | ||
Menyebutkan nama-nama Malaikat | Disajikan narasi tentang tugas Malaikat, peserta didik dapat menyebutkan nama Malaikat dengan benar | 15 | ||
Menjelaskan al Qur’an sebagai kitab suci terakhir | Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan kitab suci, peserta didik dapat menunjukkan fungsi al Quran sebagai kitab suci terakhir | 16 | ||
Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar | Disajikan bebeapa kejadian tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat memilih contoh kejadian yang sesuai dengan Qadha | 17 | ||
Disajikan narasi tentang kisah kehidupan manusia, peserta didik dapat memilih contoh pernyataan yang sesuai dengan Qadar. | 18 | |||
Menyebutkan sifat Jaiz Allah SWT | Disajikan narasi tentang sifat Jaiz allah SWT, peserta didik dapat menyebutkan sifat Jaiz Allah SWT | 19 | ||
Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima Kitab Allah SWT | Ditampilkan nama-nama Rasul dan kitab melalui tabel yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi dengan benar | 20 | ||
Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT | Disajikan kisah tentang suatu peristiwa, peserta didik dapat menentukan nama Rasul yang sesuai dengan peristiwa tersebut. | 21 | ||
Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir | Disajikan narasi tentang suatu peristiwa, peserta didik dapat menentukan Hari Akhir yang sesuai dengan peristiwa tersebut. | 22 | ||
3 | Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi | Menceritakan kisah Perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW | Disajikan cuplikan kisah Nabi Muhammad SAW, peserta didik dapat menyebutkan orang yang membimbing Nabi Muhammad SAW | 23 |
Disajikan cuplikan kisah Nabi Muhammad, peserta didik dapat mengemukakan nama salah seorang Keluarga Nabi Muhammad SAW. | 24 | |||
Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS | Disajikan kisah Nabi Ibrahim AS, peserta didik dapat menentukan hikmah yang berhubungan dengan sikap sosial. | 25 | ||
Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS | Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan kejadian pada masa Nabi Ayyub AS. | 26 | ||
Menceritakan kisah Nabi Musa AS | Disajikan beberapa kisah, peserta didik dapat menentukan kejadian pada masa nabi Musa AS | 27 | ||
Menceritakan kisah Khalifah Umar Bin Khatab | Disajikan kisah khalifah Umar Bin Khatab RA , peserta didik dapat menentukan sifat terpuji | 28 | ||
Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal | Disajikan melalui narasi peserta didik dapat mengidentifikasi Perilaku Abu Lahab terhadap Nabi Muhammad SAW | 29 | ||
Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin dan kaum Anshar | Disajikan melalui cerita peserta didik dapat menyimpulkan perjuangan Kaum Muhajirin yang berkaitan karakter sosial | 30 | ||
4 | Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela | Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW | Disajikan kisah nabi Muhammad SAW pada masa kanak- kanak, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji | 31 |
Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik | Disajikan narasi tentang kegigihan perjuangan kaum Muhajirin, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji | 32 | ||
Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik | Disajikan narasi tentang perilaku kaum Anshar, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji | 33 | ||
Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal | Disajikan narasi tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku dengki | 34 | ||
Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab | Disajikan kasus dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku bohong | 35 | ||
Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS | Ditampilkan beberapa kasus tentang kehidupan seseorang yang berperilaku dosa, peserta didik dapat menentukan peristiwa yang relavan dengan sikap bertaubat. | 36 | ||
Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS | Disajikan cerita tentang kehidupan nabi Ibrahim as, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji | 37 | ||
Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS | Disajikan cerita tentang kehidupan nabi Ayyub AS, peserta didik dapat meneladani perilaku terpuji | 38 | ||
5 | Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji | Menyebutkan rukun salat | Disajikan beberapa ketentuan salat,peserta didik dapat menunjukan rukun salat | 39 |
Membaca do’a setelah salat. | Disajikan lafadz doa setelah salat yang belum lengkap,peserta didik dapat melengkapi dengan benar. | 40 | ||
Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat | Disajikan beberapa ketentuan shalat , peserta didik dapat mengidentifikasi syarat sah shalat | 41 | ||
Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa ramadan | Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik dapat mengidentifikasi rukun puasa. | 42 | ||
Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik dapat menentukan sunnah puasa | 43 | |||
Menyebutkan hikmah puasa | Disajikan melalui narasi tentang puasa, peserta didik dapat menentukan salah satu hikmah puasa | 44 | ||
Melafalkan lafal adzan dan iqomah. | Disajikan salah salah satu lafal iqomah,pesrta didik dapat mengartikan lafal tersebut. | 45 | ||
Disajikan lafal adzan yang belum lengkap,peserta didik dapat melengkapi dengan benar. | 46 | |||
Melaksanakan taraweh dibulan ramadhan | Disajikan melalui narasi tentang salat tarawih,peserta didik dapat menentukan hikmah dalam pelaksanaannya | 47 | ||
Menyebutkan macam-macam zakat. | Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan zakat,peserta didik dapat mengenal macam-macam zakat. | 48 | ||
Menyebutkan ketentuan zakat. | Disajikan melalui cerita tentang kasus zakat fitrah, peserta didik dapat menentukan ukuran zakat fitrah. | 49 | ||
Disajikan narasi tentang zakat,peserta didik dapat menunjukan contoh sikap empati terhadap yang membutuhkan | 50 |
0 komentar:
Posting Komentar